Contoh Case Of Pascal

Contoh Case …Of perhitungan berat dan harga barang


Ketentuan soal :
1. Kualitas Barang di masukkan
Kualitas Harga Per Kg
A/a 1000
B/b 750
C/c 500

Uses crt;
Var
Berat,harga,hargaperkg:integer;
Kualitas:char;
Begin
Clrscr;
Write(‘ Massukkan Kualitas Buah [A/B/C] : ‘); readln(kualitas);
Write(‘ Berapa Kg berat yang di beli : ‘ ); readln(berat);
Case kualitas of
‘A’,’a’: hargaperkg:=1000;
‘B’,’b’: hargaperkg:=750;
‘C’,’c’: hargaperkg:=500;
Else
Begin
Hargaperkg:=0;
Writeln(‘Salah Input’);
End;
End;

Harga:=hargaperkg*berat;
Writeln(‘ Harga Per Kg : Rp.’,hargaperkg);
Writeln(‘ Harga Total : Rp.’,harga);
End.

Contoh Program Pascal If Perhitungan Gaji

Uses crt;
Var nama:string[20];jabatan:string;
Gaji:longint;
Tunj,ppn,gajibersih:real;
Begin
Clrscr;
Write(‘Nama Karyawan : ‘); readln(nama);
Write(‘Masukkan Jabatan : ‘); readln(jabatan);
If (jabatan=’Direktur’) or (jabatan=’direktur’) then
Begin
Gaji:=3000000;
Tunj:=0.1* gaji;
End
Else If (jabatan=’Manager’) or (jabatan=’manager’) then
Begin
Gaji:=2000000;
Tunj:=0.05* gaji;
End
Else If (jabatan=’Karyawan’) or (jabatan=’karyawan’) then
Begin
Gaji:=1000000;
Tunj:=0.1* gaji;
End
Else
Begin
Gaji:=800000;
Tunj:=0.1* gaji;
End;
Writeln(‘Gaji Bersih : Rp.‘,gaji);
Writeln(‘Tunjangan Jabatan : Rp.‘,tunj:9:2);
Ppn:=0.1*gaji;
Writeln(‘PPN 10 % : Rp.‘,ppn:9:2);
Total:=(gaji+total)-ppn;
Writeln(‘Total Gaji : Rp.‘,total:9:2);
Readln;
End.

Program Penghitung Luas segitiga

uses crt;
var
alas,tinggi:integer;
procedure hitung_luas(a,t:integer);
var
luas:real;
begin
clrscr;
luas:=a*t/2;
writeln('Luas segitiga =',luas);
end;
begin
writeln('Masukkan alas =');readln(alas);
writeln('Masukkan tinggi =');readln(tinggi);
hitung_luas(alas,tinggi);
readln;
end.

Membuat File txt Melalui Pascal

uses crt;
var
Tulisan:text;
a,b:byte;
c:byte;
begin
clrscr;
writeln('Masukkan Angka 1 =');readln(a);
writeln('Masukkan Angka 2 =');readln(b);
c:=a+b;
writeln('Jadi nilainya adalah =',c);
assign(Tulisan,'hitung.txt');
rewrite(Tulisan);
write(tulisan,a);
write(Tulisan,'+');
write(Tulisan,b);
write(Tulisan,'=');
write(Tulisan,c);
Close(Tulisan);
readln;
end.

Program Pencari Biaya Dan Grade

uses crt;
var
nilai:byte;
begin
clrscr;
Write('masukkan Nilai anda =');Readln(nilai);

if nilai>0 then
begin
Writeln('GRADE = O ');
Writeln('Besar biaya = Rp.550000');
end
else

if nilai<=1 then begin Writeln('GRADE = E '); Writeln('Besar biaya = Rp.450000'); end else if nilai<=40 then begin Writeln('GRADE = D'); Writeln('Besar biaya = Rp.350000'); end else if nilai<=60 then begin Writeln('GRADE = C'); Writeln('Besar biaya = Rp.250000'); end Else if nilai<=70 then begin Writeln('GRADE = B'); Writeln('Besar biaya = Rp.150000'); end else begin If nilai >=100 then
Writeln('GRADE = A');
Writeln('Besar biaya = Rp.50000');
end;
readln;
end.

Program Pencari Predikat

USES CRT;
VAR
nilai:byte;
A,B,C,D:string;
begin
clrscr;
write ('masukkan nilai=');readln(nilai);
if nilai< 69 then
writeln('predikat D');
if nilai<79then
writeln ('predikat C');
if nilai<90 then
writeln ('predikat B');
if nilai<101 then
writeln('predikat A');
readln;
end.

Konversi bilangan Desimal Ke Biner

USES CRT;
VAR Des:integer;
Bin:string;
begin
clrscr;
writeln('PROGRAM KONVERSI MENGUBAH BILANGAN DECIMAL KE BINER');
write('Masukkan bilangan Decimal=');
readln(Des);
Bin:=’’;
repeat
begin

{menghitung biner dari hasil bagi}

If Des mod 2=0 then Bin:='0'+Bin
else Bin:='1'+Bin;

{membagi bulat bilangan desimal}

Des:= Des div 2;
end;
Until Des=0;
Writeln('Bilangan Biner =',Bin);
readln;
end.

Membuat Tulisan Berjalan Pada Pascal

uses crt;

var

x,y:byte;

begin

clrscr;

x:=1;

y:=5;

repeat

delay(200);

gotoxy(x-1,y);write(' ');

gotoxy(x,y);write('maju');

x:=x+1;

until(x>25);

x:=25;

y:=10;

repeat

delay(200);

gotoxy(x+15,y);write(' ');

gotoxy(x,y);write('mundur');

x:=x-1;

until(x=1);

x:=1;

y:=12;

repeat

delay(200);

gotoxy(x,y-1);write(' ');

gotoxy(x,y);write('bawah');

y:=y+1;

until(y>25);

x:=20;

y:=25;

repeat

delay(200);

gotoxy(x,y+1);write(' ');

gotoxy(x,y);write('atas');

y:=y-1;

until(y<11);

readln;

end.

Keterangan :
KSetelah Program dijalankan, maka kata atas akan bergerak keatas dan seterusnya,
X dan Y adalah letak koordinat kata yang akan dibuat berjalan


Selamat mencoba

Program Kasir Sederhana (2)

uses crt;
var
NB:string;
HB:longint;
JB:integer;
TB:longint;
begin
clrscr;
write('Masukkan Nama Barang :');readln(NB);
Writeln('Masukkan Harga Barang :');readln(HB);
writeln('Masukkan Total barang :');readln(JB);
TB:=(HB*JB);
writeln('Total Bayar :',TB);
readln;
end.

Program Kasir Sederhana

uses crt;
var
f:string;
a:longint;
b:longint;
c:longint;
d:real;
e:real;
begin
clrscr;
writeln('masukkan namabarang=');readln(f);
write('masukkan jumlah barang=');readln(a);
write('masukkan harga barang=');readln(b);
c:=a*b;
writeln('total=',c);
if a>=50 then
d:= (c*10)/100;
writeln('discon=',d);
if a>=100 then
d:= (c*15)/100;
writeln('discon=',d);
e:= c-d;
writeln('anda harus membayar =',e);
readln;
end.

Perintah kursor tambahan

Tombol
Ctrl + U =Membatalkan kegiatan
Ctrl + O + I atau Ctrl + Q + I=Meng – On atau meng – Off kan autoindent
Ctrl + P=Awal karakter kendali
Ctrl + K + D atau Ctrl + K + Q=Keluar dari editor tanpa menyimpan
Ctrl + Q + F=Mencari kata
Ctrl + Q + A=Mencari kata dan menggantinya
Ctrl + Qn=Mencari penanda tempat
Ctrl + Q + W=
Menuju ke posisi kesalahan
Ctrl + O + O=Menyisipkan penunjuk kompiler
F10=Mengaktifkan menu utama
Ctrl + F1=Pertolongan bahasa
F3=Memuat berkas
Ctrl + O + F=Mengisi On / Off secara optimal
Ctrl + Q + [=Pasangan tanda kurung kedepan
Ctrl + Q + ]=Pasangan tanda kurung kebelakang
Ctrl + L=Mengulang pencarian terakhir
Ctrl + Q + L=Menyimpan kembali baris
Ctrl + K + S atau F2=Menyimpan dan meneruskan
Ctrl + Kn=Mengatur penanda tempat
Ctrl + I atau Tab=Tab
Ctrl + O + T atau Ctrl + Q + T=Mode Tab
Ctrl + O + U Fungsi=Unindent On / Off

Perintah dasar Menggerakkan kursor

Ctrl + S atau panah kiri =Bergerak ke kanan satu karakter
Ctrl + D atau panah kanan =Bergerak ke kiri satu kata
Ctrl + A atau Ctrl + panah kiri =Bergerak ke kanan satu kata
Ctrl + F atau Ctrl + panah kanan =Bergerak ke atas satu baris
Ctrl + E atau panah naik =Bergerak ke baah satu baris
Ctrl + X atau panah turun =Memutar layar ke atas
Ctrl + W =Memutar layar kebawah
Ctrl + Z =Kehalaman sebelumnya
Ctrl + R atau PgUp =Kehalaman berikutnya
Ctrl + C atau PgDown =Bergerak ke kiri satu karakter

Hotkey pada pascal

Kunci Fungsi Ekivalen menu
F1 Mengaktifkan jendela pertolongan. File / Save
F2 Menyimpan berkas yang ada pada editor. File / Load
F3 Memanggil program kedalam editor. Run / Go to cursor
F4 Mengeksekusi program sampai posisi kursor. Run / Trace into
F5 Memperbesar atau memperkecil jendela yang aktif. Compile / Make
F6 Mengganti jendela yang aktif. File / Pick
F7 Melacak kedalam subrutin. File / user screen
F8 Melompati pemanggil subrutin. Compile
F9 Mengaktifkan perintah ‘Make’ Run / Program reset
F10 Berpindah dari menu-menu ke jendela yang aktif.
Alt + F1 Memanggil jendela pertolongan yang terakhir dibaca.
Alt + F3 Memilih berkas untuk dimuat.
Alt + F5 Memperlihatkan hasil eksekusi.
Alt + F6 Mengganti isi jendela yang aktif.
Alt + F9 Mengkompilasi program.
Alt + B Mengaktifkan menu Break / Watch.
Alt + C Mengaktifkan menu compile.
Alt + D Mengaktifkan menu debug.
Alt + E Mengaktifkan editor.
Alt + F Mengakaktifkan menu file.
Alt + O Mengaktifkan menu option.
Alt + R Mengaktifkan menu run.
Alt + X Keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke DOS.
Ctrl + F1 Menampilkan menu pertolongan bahasa.
Ctrl + F2 Menghentikan pembetulan.
Ctrl + F3 Menampilkan isi tumpukan. Debug / Call Stack
Ctrl + F4 Melakukan penghitungan atau mengubah nilai peubah.. Debug / Evaluate
Ctrl + F7 Menambahkan ungkapan pada jendela watch. . B / Add Watch
Ctrl + F8 Toggles Breakpoint.. B / Toggle breakpoint
Ctrl + F9 Menjalankan program.. Run / Run
Ctrl + F10 Menampilkan versi layar monitor.

Fungsi menu pada Pascal

1. Menu File : Didalam menu File banyak submenu yang bisa dipilih misalkan saja perintah Load / F3 yang berfungsi untuk memanggil berkas yang sudah tersimpan, dan banyak lainnya.
2. Submenu Load : Pilihan ini digunakan untuk memanggil program dari suatu folder atau directory ke dalam editor. Didalam submenu ini anda juga bisa memilih submenu yang lain dengan hanya menekan tombol huruf depan dari submenu yang dituju, contohnya anda mau ke submenu New, maka anda tinggal menekan huruf N.
3. Submenu Pick : Pilihan yang satu ini digunakan untuk mengambil salah satu dari beberapa buah program yang sebelumnya telah dimuat ke dalam jendela Edit. Hal ini ditujukan agar kita tidak perlu repot-repot lagi mencarinya di submenu load.
4. Submenu New :Program yang ada di editor akan dihapus dan program yang akan anda tulis dianggap sebagai program yang baru dengan nama NONAME.PAS, nama ini bisa anda rubah ketika anda mau menyimpannya.
5. Submenu Save [F2] : Pilihan ini digunakan untuk menyimpan suatu program yang sudah di edit ke dalam cakram atau folder, jika nama program itu masih NONAME.PAS maka Turbo Pascal akan menanyakan pada anda, nama apa yang akan anda berikan pada program yang akan disimpan tersebut. Atau anda juga bisa menekan tombol F2.
6. Submenu Write to : pilihan ini digunakan untuk menggantikan program lama dengan program yang baru (istilah kerennya Overwrite…☺). Jika nama program anda sudah ada pada cakram atau folder maka ada verifikasi dari Turbo Pascal untuk penggantian nama.
7. Submenu Directory : pilihan ini digunakan untuk menampilkan direktori dan nama-nama file yang anda inginkan. Anda juga bisa menggunakan pilihan Load.
8. Submenu Change Dir : Pilihan yang satu ini digunakan untuk menampilkan direktori yang sedang digunakan dan juga bisa digunakan untuk mengganti nama direktori yang baru.
9. Submenu OS shell : Perintah ini digunakan bagi anda yang ingin ke tampilan DOS tetapi tanpa mematikan Turbo Pascalnya, untuk kembali lagi ke Turbo Pascal, anda tinggal mengetikan “exit”, tetapi biasanya ketika anda sedang membuat suatu program atau mengedit suatu program perintah ini tidak dapat dijalankan karena kurangnya kapasitas memory.
10. Submenu Quit [Alt + x] : Dari namanya sudah jelas, perintah ini digunakan untuk keluar dari Turbo Pascal dan kembali ke prompt DOS.

11. Menu Edit : Perintah edit ini digunakan untuk mengaktifkan editor Turbo Pascal.
12. Menu Run [Ctrl + F9] : Perintah ini digunakan untuk mengeksekusi program yang sudah anda buat. Anda juga bisa menekan Ctrl + F9 untuk mengeksekusi program anda.
13. Submenu Program Reset [Ctrl + F2] : Pilihan ini digunakan untuk memberitahukan Turbo Pascal bahwa anda selesai dengan pembetulan-pembetulan dan menginisialisasi debugger untuk operasi yang lain. Pilihan ini sekaligus membebaskan pengingat yang telah dialokasikan dan menutup semua berkas, tetapi tidak merubah nilai-nilai perubah. Pilihan ini sangat berguna jika anda ingin menjalankan pilihan File / OS shell.
14. Submenu Go to Cursor [F4] : Pilihan ini digunakan untuk memulai / melanjutkan eksekusi program dimulai dari posisi saat eksekusi dimulai sampai tempat kursor berada. Jika kursor berada pada statement yang bersifat executable, seperti spasi atau baris komentar, maka eksekusi akan dilanjutkan sampai statement yang bersifat executable.
15. Submenu Trace Into [F7] :Perintah ini digunakan untuk mengeksekusi baris berikutnya, jika ada pemanggilan ke suatu subrutin, maka pelacakan akan dimulai dari statement pertama dari subrutin tersebut. Sekaligus juga akan memuat berkas-berkas atau unit Include jika dimungkinkan.
16. Submenu Step Over : Step over ini memiliki cara kerja yang hampir sama dengan Trace Into, hanya saja jika statement adalah sebuah prosedur atau fungsi, maka keseluruhan subrutin akan dikerjakan sekaligus dan debugger akan berhenti pada statement sesudah pemanggilan ke subrutin.
17. Submenu User screen [Alt + F5] : Pada umumnya perintah ini digunakan untuk melihat hasil dari program yang telah compile dan kita run. Pada tampilan ini IDE [Integrated Debugger Environment] berpindah-pindah pada saat anda menjalankan dan mendebug program. Perintah ini juga digunakan oleh File / OS shell.

inspirasi

KUMPULAN INSPIRASI

- Ketika Thomas Edison menciptakan bola lampu,
Ia telah mencoba lebh dari 2000 kali percobaan sebelumnya sebelum berhasil,
Seorang reporter muda bertanya kepadanya:
“Bagaimana rasanya gagal berkali-kali?”
Jawabnya:
“Aku tidak pernah gagal sekalipun,aku telah menciptakan bola lampu,hanya saja hal ini butuh pross ke-2000.
- Anda tidak pernah gagal, anda hanya menemukan cara yg tidak berhasil.
- Orang yang berhasil,akan mengambil keuntungan dari kesalahan kesalahannya dan mencoba lagi dg cara berbeda
- Kesalahan hanya suatu fakta kehidupan, yang dinilai adalah bagaimana anda menyikapi kesalahan itu.
- Kegagalan hanya berarti anda belum berhasil.
- Kegagalan tidak berarti anda tidak menyelesaikan sesuatu, tapi berarti anda telah belajar sesuatu.
-Kesalahan menunjukkan bahwa kita perlu belajar.
-Tidak ada kata GAGAL bagi orang yg “masih berjuang”
-Kegagalan hanyalah sebuah kesempatan bagi anda untuk mencoba lagi.
-Kita tak bisa belajar apa-apa kalau kita tak mau gagal pada pertama kalinya.

TERTAWA

Tertawa adalah obat yg Paliiiing mujarab !
Haaaaaaaah........????
Mana mungkin........???
Sebagian dari kamu pasti g percaya !
eeit,Dengerin nih !
sebuah penelitian yg dilakukan oleh para ahli di Universitas Colorado belum lama ini menemukan bahwa :
selama tertawa , sel sel dalam tubuh melepaskan zat kimia yang berbahaya !
Mengurangi rasa sakit dan memiliki efek penyembuh !
Pertanyaannya : "Apa pemicu saraf tertawa kita ? "
HUMOR - Sesuatu yg menunjukkan sisi lucu dari segala hal !
Jadi, sudahkah kamu tertawa hari ini ???????

It's time to change

It’s time to change

Kesuksesan itu butuh waktu
Karena kesuksesan itu sebuah proses
Dan merupakan rangkaian percobaan
Yang akan membuat anda “berevolusi diri”
Menjadi suatu “jati diri” yang baru

Tak ada sesuatu yg indah
Yg bisa diraih dalam satu malam saja
Layaknya anak tangga

Kita harus melaluinya satu demi Satu demi satu
Demi tujuan hidup anda
It’s time to change…..!

Be the best for yourself

BE THE BEST FOR YOURSELF

Jika kamu tak dapat menjadi pohon cemara di puncak bukit sana,
Maka jadikan dirimu rumput,
Yg hijau menghampar anggun di lembah bukit.

Bila bukan rumput, semak belukar pun jadilah,
Sebagai pelindung bunga mawar nan indah.

Bila kau tak mampu membuat rimbun,
Jadilah hamparan rumput yg menghijau dimana mana,

Seandainya kau bukan ikan mas yg cantik,
Jadikan dirimu ikan sepat yglincah di payaumu.

Karna dalam hidup ini,
Tidak semua orang bisa jai Nahkoda,pemikir,pencipta atau penemu ternama,
Anda bisa menjadi awak kapal yg paling rajin dan baik di kapalmu,
Atau penumpang yg bijaksana.

Pasti ada sesuatu dalam dirimu,
Ada tugas berat,ada yang ringan,

Jika kau tak dapat menjadi Bulan,
Jadilah bintang yg berkilau,

Sesuatu itu bukan dilihat dari kalah atau menang,
Tetapi…
Jadilah yang terbaik untuk dirimu sendiri

Pengikut